Tapera
Info

Asal Muasal Mengenai Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)

Tapera telah disahkan pada tahun 2016 dan tercantum dalam Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2016. Pembentukan Badan Pengelola (BP Tapera) dipercepat oleh pemerintah untuk mengelola tabungan Tapera. Untuk melaksanakan undang-undang tersebut, maka dibentuk BP Tapera, yang terdiri dari profesional-profesional.

Badan seperti Tapera telah terdapat di Cina. Dana yang telah terkumpul sangatlah besar hingga dapat digunakan untuk menstabilkan negara. Sedangkan pemenrintah telah mengusulkan iuran Tapera sebesar 2,5% dari pekerja dan 0,5% dari pemberi kerja.

Beberapa hal yang masih belim banyak diketahui oleh masayarakat terkait Tapera sebagai program pemerintah. Berikut ulasan tentang apa itu Tapera, fungsi, serta manfaat yang akan diperoleh.

Mengenal Apa itu Tapera

Tapera adalah program yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pembangunan rumah rakyat. Program tersebut sebagai solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah. Tabungan yang disimpan dalam Tapera akan digunakan sebagai sumber dana pembangunan rumah yang layak.

Fungsi dari Tapera dapat menjadi sumber pembiayaan rumah untuk kategori masyarakat MBR. Masyarakat dengan penghasilan 4 juta tiap bulan bisa membeli rumah tapak. Sedangkan masyarakat yang memiliki pendapata 7 juta perbulan berhak membeli apertemen atau rusun (rumah susun).

Selain itu, Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dapat dijadikan sebagai dana jaminan saat hari tua nanti bagi non MBR. Dana yang rutin disetorka tiap bulannya nanti ketika peserta telah pensiun uang tersebut dapat diambil kembali dengan jumlah yang sesuai setoran dan bunganya.

Dalam Bab I pasal 1 UU Tapera ayat 3 telah diatur ketentuan bahwa peserta Tapera adalah warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat sesuai aturan Undang-undang tersebut dan telah membayar Simpanan.

Untuk pekerja atau pemberi pekerja, baik itu perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau yang lain harus memenuhi syarat minimal berumur 18 tahun dan telah atau belum menikah. Selain itu peserta juga memiliki penghasilan atau pemasukan (diutamakan berpenghasilan rendah) namun wajib diikuti baik pekerja maupun pemberi kerja.

Tapera memiliki manfaat sebagai solusi beli rumah murah dengan bantuan dana pembangunan rumah baru hingga 30 juta. Tapera juga bisa menghapus kesenjangan sosial dan backlog. Persoalan kekurangan hinian yang layak bagi masyarakat kalangan MBR dapat terselesaikan dengan adanya Tapera.

Bantuan dana bedah rumah diberikan Tapera bagi Anda yang telah memiliki rumah berupa bantuan biaya renovasi ataupun perbaikan rumah hingga 15 juta tiap rumah. Akan tetapi hanya bisa digunakan sekali untuk tiap peserta sehingga gunakanlah kesempatan tersebut secara bijak.

Konsep utama yang dimiliki Tapera berupa pengumpulan dana didasarkan atas gotong royong dan wajib baik itu pekerha formal maupun non formal. Pekerja non formal yang masuk menjadi anggota Tapera maka akan masuk ke dalam sistem dan dapat mengakses Tapera.

Prinsip yang dijalankan dalam rangka mensejahterahkan rakyat, dikhususkan bidang perumahan dengan himpunan dana jangka panjang dengan sifatnya yang berkelanjutan sebagai pemenuhan kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat MBR.

Aturan dalam penggunaan dana Tapera yaitu hanya boleh digunakan untuk biaya pembelian rumah, membangun rumah dan biaya renovasi ataupun perbaikan rumah. Sedangkan bagi masyarakat yang mampu atau terbilang berpenghasilan tinggi dan cukupmemiliki aturan tersendiri.

Dana yang telah ditabungkan di Tapera tidak boleh digunakan hingga pensiun seperti aturan yang telah tercantum pada pasal 23 ayat 2 RUU Tapera. Setelah adanya pengesahan Tapera diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Pinjaman Online
Dengan senang hati kami akan berikan informasi mengenai pinjaman online, uang, kta, kredit dengan layanan terpercaya.
http://calveterans.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *