Simulasi KPR BCA dengan Penghasilan Kurang dari 5 Juta
Kredit

Simulasi KPR BCA dengan Penghasilan Kurang dari 5 Juta

 

Rumah adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Mungkin bagi masyarakat kelas atas yang memiliki penghasilan tinggi tidak begitu mempermasalahkan hal ini karena pasti memiliki dana untuk bisa memiliki rumah yang megah. Namun berbeda halnya untuk mereka yang hanya memiliki penghasilan terbatas, misalnya kurang dari 5 juta. Tentunya akan sangat sulit untuk bisa memiliki rumah mengingat harga yang luar biasa tinggi. Namun kini Anda bisa memiliki rumah dengan mengajukan KPR di bank BCA. Namun pastikan untuk mengetahui simulasi KPR BCA terlebih dulu sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

KPR merupakan solusi untuk orang yang kurang mampu dalam finansial untuk membeli rumah dengan kontan. Namun syarat dan ketentuan yang ada dalam hal KPR ini dapat diakui memang kerapkali menyulitkan untuk berbagai lapisan masyarakat lantaran memang ketat, apalagi dengan nasabah yang memiliki penghasilan terbatas. Oleh karena itu, sebelum mengajukan KPR ada baiknya juga untuk bisa mempertimbangkan berbagai macam hal, terutama faktor kemampuan keuangan Anda.

Untuk memperjelas sistem KPR rumah, maka berikut ini ada contoh simulasi KPR BCA yang bisa Anda pahami sebelumnya. Misalnya saja, A adalah karyawan perusahaan berpenghasilan 5 juta per bulan dan ingin memiliki rumah sendiri. Dalam waktu beberapa tahun A menabung terus menerus sehingga bisa mendapatkan uang sekitar 60 juta. Untuk harga rumah yang diinginkannya adalah sekitar 150 juta dengan masa cicilan 15 tahun. Dari uang 60 juta yang dimiliki tadi, A akan mengalokasikan 45 juta untuk uang muka dan sisanya untuk biaya administrasi serta biaya kebutuhan lainnya.

Setelah membayar uang muka sebesar 45 juta, maka hutang A adalah 105 juta dari harga rumah 45 juta. Untuk 2 tahun pertama, Bank BCA akan menerapkan bunga flat atau tetap misalnya sebesar 5 persen. Maka cicilan hutang pokok adalah:

105 juta : (15 tahun x 12 bulan) = 105 juta : 180 = 583.333,33.

Sedangkan untuk bunga adalah:

105 juta x 5% : 12 bulan = 437.500.

Baca Juga: Mengenal Produk untuk Kredit Rumah BTN

Dengan perhitungan tersebut, maka jumlah angsuran A untuk 2 tahun yang pertama adalah:

583.333,33 + 437.500 = 1.020.833,33.

Setelah 2 tahun pertama, angsuran untuk A yang telah dibayarkan adalah 24,5 juta.

Namun bank menerapkan sistem bunga floating setelah 2 tahun sehingga skema pembayaran KPR akan berubah sesuai dengan keadaan pasar. Untuk tahun selanjutnya, hutang A yang tersisa adalah 80,5 juta dengan cicilan pokok yang sama dan jumlah bunga yang berbeda dari sebelumnya karena sesuai dengan kondisi suku bunga acuan bank BCA. Namun biasanya jumlah cicilannya akan cenderung lebih tinggi dibanding suku bunga ketika flat dan berbeda dalam beberapa rupiah. dengan mengetahui contoh simulasi tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk bisa KPR berdasarkan contoh tersebut. Dari contoh A tersebut yang mempunyai uang 45 juta untuk uang muka dengan harga rumah 150 juta sehingga hutangnya 105 juta selama 15 tahun, paling tidak A harus menyisihkan uang 1,5 juta untuk cicilan per bulannya.

Simulasi KPR BCA tersebut tentu bisa berbeda dengan aslinya mengingat suku bunga yang berlaku, gaji, uang muka, harga rumah hingga jangka waktu KPR juga berbeda-beda setiap kasus nasabah. Namun dari simulasi A tersebut, maka Anda bisa mengetahui setidaknya sedikit cara penghitungan bank dalam menentukan cicilan untuk Anda.

Pinjaman Online
Dengan senang hati kami akan berikan informasi mengenai pinjaman online, uang, kta, kredit dengan layanan terpercaya.
http://calveterans.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *