Ketahui 5 Hal Penting dalam Perlindungan Asuransi Jiwa
Asuransi Info

Ketahui 5 Hal Penting dalam Perlindungan Asuransi Jiwa

Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa hanya menanggung jika nasabah meninggal dunia. Produk asuransi ini terbilang penting sebagai persiapan dana agar keluarga yang ditinggalkan tetap bertahan hidup dengan layak. Pinjaman yang belum terbayar juga bisa dilunasi. Berkaitan dengan perlindungan asuransi jiwa, ketahuilah 5 hal penting ini.

Jenis Asuransi Jiwa

Hal pertama yang perlu diketahui adalah jenis dari produk asuransi jiwa itu sendiri. Terdapat berbagai jenis produk yang tentunya bisa dipahami dan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Perlindungan asuransi ini dapat dibedakan dalam tiga jenis, yaitu asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life), dan asuransi jiwa dwiguna (endowment).

Ketiga jenis asuransi tersebut tentunya mempunyai perbedaan. Term life memberikan proteksi hingga jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan dengan premi murah dan akan hangus jika tidak terjadi klaim. Whole life akan berlaku sampai 99 tahun atau dianggap seumur hidup dengan pembayaran premi sesuai kesepakatan yang lebih besar dari term life.

Jenis ketiga adalah endowment yang hampir sama dengan term life, namun produknya mempunyai fitur tabungan. Jadi, nasabah asuransi akan mendapatkan uang tunai dari premi yang dibayar setiap bulan sampai jangka waktu tertentu. Jika tidak terjadi klaim, maka premi yang sudah terbayar bisa dicairkan setelah masa kontrak berakhir atau berapa tahun sekali.

Premi dan Jangka Waktu

Premi merupakan bagian penting dari komponen asuransi. Dalam asuransi jiwa, nilai premi juga ditentukan berdasarkan jenis asuransi dan kemampuan nasabah dalam membayar premi hingga  jangka waktu tertentu berdasarkan kesediaan nasabah. Besar premi dan jangka waktu asuransi yang sudah disepakati antara kedua belah pihak itulah yang dipakai.

Dalam menentukan besaran premi dan jangka waktu yang dibutuhkan, tentu saja memerlukan beragam pertimbangan. Karenanya, sangat perlu untuk menyesuaikan kebutuhan dengan kemampuan finansial. Mintalah bantuan agen asuransi untuk berkonsultasi mengenai jumlah premi yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak berat sesuai dengan kemampuan finansial.

Uang Pertanggungan

Hal penting berikutnya adalah uang pertanggungan. Besarnya uang pertanggungan ini juga perlu dipertimbangkan kesesuaiannya dengan kebutuhan. Uang ini merupakan nilai keseluruhan premi yang akan diberikan kepada ahli waris jika nasabah meninggal dunia.

Dengan mengetahui secara pasti jumlah uang pertanggunggan, setiap nasabah lebih mudah memperkirakan kebutuhan jangka panjang untuk keluarga yang ditinggalkan. Untuk mengetahui jumlahnya secara pasti, semua bentuk informasi dari perusahaan penyedia asuransi jiwa bisa diperoleh. Perbandingan bisa dilakukan dengan mudah.

Tes Medis

Salah satu syarat yang diperlukan dalam asuransi jiwa adalah hasil tes medis atau tes kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh dan riwayat kesehatan yang dimiliki. Kondisi kesehatan ini sangat diperlukan untuk memperkirakan besarnya risiko berupa kematian yang akan terjadi.

Besarnya risiko tersebut menjadi penentu keputusan penerimaan permohonan asuransi jiwa. Jika nasabah mengidap penyakit tertentu yang terbilang parah, maka bisa jadi permohonan ditolak karena risiko sangat tinggi yaitu kematian dalam waktu dekat. Perusahaan asuransi takut mengalami kerugian. Jangka waktu asuransi juga ditentukan dari besarnya risiko.

Pre-Existing Condition

Tahukah apa yang dimaksud dengan pre-existing condition? Keadaan ini berada di luar kendali pertanggungan dalam asuransi. Intinya, kondisi ini merupakan suatu keadaan ketika nasabah mengalami kematian yang diakibatkan oleh penyakit yang sudah diderita sebelum membeli asuransi jiwa dan penyakit ini tidak diketahui ketika penandatanganan kontrak.

Karena berada di luar kontrak pertanggungan, risiko kematian tersebut tidak ditanggung oleh dana asuransi. Jadi, klaim tidak bisa dilakukan. Ahli warisnya tidak mendapatkan uang pertanggungan tersebut. Meskipun demikian, dana premi yang sudah terbayar bisa diberikan asalkan ahli waris membeli asuransi jiwa tersebut selama minimal dua tahun.

Berbagai hal penting terkait perlindungan asuransi jiwa sudah selayaknya kita ketahui bersama. Info seputar produk asuransi jiwa sangat membantu dalam pemilihan perusahaan sekaligus jenis produknya yang tepat. Karenanya, pahami beberapa hal tersebut sejak awal dan sesuaikan.

Situs https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa bisa memberikan info lengkap seputar asuransi jiwa ini.
Pinjaman Online
Dengan senang hati kami akan berikan informasi mengenai pinjaman online, uang, kta, kredit dengan layanan terpercaya.
http://calveterans.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *